Review : Mimpi dan Orang-Orang Berharga dalam ‘Run’ BTS

Saat aku pertama kali mendengar lagu Run milik BTS dan menonton MV-nya tanpa membaca liriknya, aku mengira lagu ini berisi tentang pelarian seorang remaja. Setelah aku membaca sekilas liriknya, aku mengira lagu ini berisi tentang cinta terkait romansa. Tapi setelah kubaca lagi, aku merasa dua dugaanku itu salah.

Setelah beberapa kali menonton MV dan membaca liriknya lagi, aku sampai pada kesimpulan bahwa lagu ini berisi tentang suatu hal yang sangat penting bagi kita. Hal itu bisa saja berupa seseorang ataupun impian kita. Bisa juga dua-duanya. Dan setelah merenung cukup lama, akhirnya diriku setuju pada gagasan bahwa lagu ini mencerminkan hubungan antara impian kita dengan orang-orang yang berharga bagi kita.

 

Bagaimana hubungannya?

Disaat orang-orang berkata tidak ada gunanya berlari mengejar mimpi kita karena menurut mereka mimpi kita hanyalah angan kosong belaka, orang-orang yang berharga bagi kita pasti akan terus berlari bersama kita dalam mengejar masing-masing mimpi kita.

Dalam mengejar mimpi pun pasti kita pernah ingin menyerah karena merasa stuck, tidak bergerak sama sekali (seperti hamster yang lari di dalam roda, sampai dia lelah pun dia nggak kemana-mana). Untuk itulah kita butuh orang-orang yang berharga bagi kita untuk memberikan semangat, membantu kita kembali bangkit saat kita jatuh, menyadarkan kita dari keterpurukan karena hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana kita.

 

Kok bisa? Dari mana?

Aku mencoba menginterpretasikan satu persatu dari lirik lagu RUN yang kulihat dari website color coded lyric . Dibawah ini merupakan lirik RUN yang aku coba interpretasi. Tulisan yang berwarna hitam merupakan arti lirik dalam bahasa inggris sedangkan tulisan berwarna orange merupakan interpretasiku.

You are my only sun, one and only in the world

Dari sini bisa lihat bahwa ‘you’ disini merujuk pada sesuatu yang saaangat berharga bagi kita. ‘The one and only’.

 

I bloomed for you, but I’m still getting thirsty

It’s too late, too late, I can’t live without you

Though my branch runs dry, I reach for you with all my strength

Karena ‘you’ ini kita dapat mekar. Kita dapat merasa hidup. Pernah nggak sih merasa hidup tapi nggak sepenuhnya hidup? Kayak hidup kita rasanya tanpa tujuan gitu. Nah, ‘you’ disini mencerminkan tujuan hidup kita. Apa yang bisa membuat hidup kita lebih ‘hidup’. Seperti passion kita lah. Passion itulah yang mengarahkan kita pada impian kita. Dalam menggapainya, kita pasti akan berusaha sekeras kita.

Contoh sederhana nih. Misalnya kamu ingin menjadi dokter. Kamu pasti akan berusaha keras untuk menggapainya agar terwujud 🙂

 

No matter how far I reach for you,

It is just an empty dream dream dream

No matter how crazy I run,

I remain on the same place place place

Tapi dalam kita menggapai impian kita itu pasti deh kita merasa ingin menyerah aja. Tiba-tiba merasa kosong dalam proses mengejar mimpi kita itu. Entah karena alasan lelah, bosan, atau merasa apa yang kita perjuangkan itu nggak menghasilkan appaun. Pernah?

Contoh sederhana. Kan kamu tadi ingin menjadi dokter. Tapi nilai kamu pas-pasan. Padahal kamu merasa sudah bekerja keras dalam memahami segala mata pelajaran di kelas, tapi rasanya nggak ada yang berubah dari nilaimu. Segitu-segitu aja.

 

Just burn me! Yes, push me out!

This is crazy-fool’s love running

Istilah burn me dan push me ini seakan-akan kita meminta tolong pada seseorang untuk menyadarkan kita, dengan cara apapun, agar kita tetap semangat mengejar impian kita itu. Karena walaupun kita merasa kosong dan ingin menyerah, pasti ada satu titik kecil pada diri kita yang tidak ingin kita menyerah pada mimpi itu.

 

Let me run more

Please let me run more

Even though my feet are full of scars

I smile whenever I see you

Let’s run run run again! I can’t stop running

Let’s run run run again! I can’t help running

Only thing I can do is run

Only thing I can do is love you

Let’s run run run again! It’s ok to fall down

Let’s run run run again! It’s ok to be injured

I am happy enough even though I can’t get you

Curse me, this foolish destiny!

Menurutku, disinilah peran orang-orang yang berharga bagi kita, untuk menyemangati satu sama lain dan berlari bersama dalam meraih impian kita.

 

(Run)

Don’t tell me bye bye

(Run)

You make me cry cry

(Run)

Love is a lie lie

Don’t tell me, don’t tell me

Don’t tell me bye bye

Jujur saja aku masih bingung saat  menginterpretasi bagian ini. Menurutku ini seperti konflik yang terjadi saat kamu merasa sedang di titik terendahmu. Kamu hanya ingin sendiri dan tidak ingin orang-orang yang berharga bagimu berbicara atau menyemangatimu, tapi kamu tidak ingin kalau mereka pergi juga.

 

Everybody say it is over but I can’t stop this

I can’t tell whether it is sweat or tears

My bare-love and tough typhoon and wind

Can only make me run more with my heart

Bagian ini mencerminkan saat orang-orang berkata bahwa kamu selesai, bahwa kamu sudah nggak bisa meraih mimpi kosongmu itu. Tapi kamu tidak menyerah dengan perkataan itu dan menjadi lebih ingin menggapai mimpimu untuk menunjukkan kepada orang-orang itu bahwa perkataan mereka salah.

 

Let me run more

Please let me run more

Even though my feet are full of scars

I smile whenever I see you

Let’s run run run again! I can’t stop running

Let’s run run run again! I can’t help running

Only thing I can do is run

Only thing I can do is love you

Let’s run run run again! It’s ok to fall down

Let’s run run run again! It’s ok to be injured

I am happy enough even though I can’t get you

Curse me, this foolish destiny!

 

Memories are crumbling like

dried flower leaves

On my fingertips and under my feet

And behind my back

Like chasing butterfly or wondering in dreams

I follow your traces

Please guide me please stop me

Please let me breathe

Bagian ini menunjukkan bahwa saat kamu mencoba menggapai mimpimu, pasti ada satu dua bahkan banyak hal yang harus kamu tinggalkan demi meraih mimpimu. Dan disini orang-orang yang berharga itu yang berjalan bersamamu, membimbingmu, dan membuatmu tetap tenang dalam menggapai impian itu.

 

Let’s run run run again! I can’t stop running

Let’s run run run again! I can’t help running

Only thing I can do is run

Only thing I can do is love you

Let’s run run run again! It’s ok to fall down

Let’s run run run again! It’s ok to be injured

I am happy enough even though I can’t get you

Curse me, this foolish destiny!

(Run)

Don’t tell me bye bye

(Run)

You make me cry cry

(Run)

Love is a lie lie

Don’t tell me, don’t tell me

Don’t tell me bye bye

 

Lalu apa hubungannya dengan MV?

Awalnya aku bingung dengan MV itu karena kesan pertama aku melihatnya Bangtan terlihat seperti remaja-remaja berontak yang sedang dalam masa pubertas mereka, bukan seperti sedang mengejar mimpi mereka (no offense, aku ARMY). Tapi bisa saja MV itu merupakan MV yang dilihat dari perspekif orang-orang yang nggak percaya sama mimpi Bangtan. Di mata orang-orang itu, Bangtan berusaha keras buat hal-hal yang nggak guna, dicerminkan dari mereka pesta-pestaan nggak jelas, coret-coret mobil di terowongan, dan vandalisme sampai dikejar-kejar polisi. Tapi di mata Bangtan, masing-masing dari mereka merupakan orang-orang berharga yang saling support satu sama lain mengenai mimpi. Tapi karena disitu mereka masih remaja, mereka pasti mengalami masa ‘labil’ sehingga mereka membutuhkan satu sama lain untuk menyadarkan mereka. Hal ini dicerminkan dari pertengkaran Jungkook dan Suga. Menurutku, saat Suga sudah lelah dan terombang ambing dengan mimpinya, Jungkook berusaha ‘meluruskan’ Suga, agar Suga tetap berjuang dan mempertahankan impiannya dengan cara apapun.

Dari perspektif ini, kita bisa lihat kalau Bangtan menunjukkan bahwa kita harus terus berjuang dalam menggapai mimpi-mimpi kita dan saling mendukung ke orang-orang yang sangat berharga dalam hidup kita.

 

Jadi?

Bersyukurlah buat teman-teman yang masih muda, kalian masih bisa prepare banyak untuk menggapai mimpi-mimpi kalian. Untuk remaja tanggung sepertiku, kalian pasti pernah mengalami kegagalan dalam menggapai mimpi bukan? Aku juga. Salah satu mimpi besarku tidak terwujud dan tidak ada cara lain untuk menggapainya di usiaku sekarang ini. Tapi itu bukan berarti kita tidak bisa berlari mengejar mimpi kita! Masih banyak bintang yang bertebaran di angkasa, masih banyak mimpi-mimpi baru yang belum kita jamah. Dengan lebih banyak bereksplorasi, kita pasti akan menemukan berbagai passion baru dalam hidup kita. Semangat!

 

Nah, seperti itulah makna lagu Run dalam perspektifku. Adakah yang punya pendapat berbeda tentang lirik Run? Silahkan berpendapat 🙂

 

Cheers,

Amelia.

 

featured image taken from here. Credit to the owner.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s